Pengunjung

Minggu, 13 November 2011

GAYA HIDUP SEHAT METROPOLITAN

Hidup di kota metropolitan yang selalu sibuk mempengaruhi gaya hidup sebagian besar orang yang tinggal di dalamnya. Tanpa disadari, kebanyakan orang termasuk Anda mungkin sudah menjadi bagian dari kebiasaan hidup yang tidak sehat. Segudang aktivitas di dalam ataupun di luar ruangan membuat Anda terpapar dengan asap rokok ataupun asap kendaraan bermotor. Selain itu, kegiatan sehari-hari yang padat membuat Anda terpaksa tidur larut malam dan bangun siang keesokan harinya. Belum lagi kebiasaan bertemu rekan bisnis di café atau restoran yang memaksa Anda untuk makan makanan tinggi lemak dan gula. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk tetap sehat?


click video hot 

Enrich your Plate with Antioxidant Food
Aktivitas sehari-hari tidak mungkin lepas dari kemungkinan terpaparnya polusi udara seperti asap rokok ataupun asap kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor dapat menimbulkan penyakit asma, serangan jantung, stroke, bahkan kematian mendadak. Jenis emisi dari kendaraan bermotor ini memiliki ukuran partikel yang sangat halus, namun sangat berbahaya. Dalam tubuh, partikel ini akan menimbulkan efek inflamasi yang kemudian mempengaruhi fungsi organ tubuh yang lain karena adanya aktivitas radikal bebas1.
Selain asap kendaraan bermotor, asap rokok juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Faktanya, perokok pasif memiliki risiko penyakit jantung sampai 30%, di mana angka ini justru lebih tinggi daripada risiko yang dimiliki perokok aktif2.
Cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit karena polusi udara adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Menurut suatu studi, antioksidan alami dalam tubuh perokok pasif 2/3 lebih rendah daripada perokok aktif. Menyedihkan bukan? Itulah sebabnya, diperlukan sumber antioksidan dari luar untuk membantu mengembalikan perlindungan alami dalam tubuh. Buah dan sayur yang kaya akan vitamin C dan zat antioksidan lain terbukti efektif dalam mengurangi reaksi oksidasi sehingga menurunkan risiko penyakit jantung ataupun stroke2.
Selain itu, sebisa mungkin gunakan masker saat Anda beraktivitas di luar ruangan yang penuh dengan polusi. Penggunaan masker bisa bantu pencegahan debu dan zat-zat berbahaya lain untuk terhirup dalam tubuh.
Ensure Beauty Sleep
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Kurangnya istirahat di malam hari karena aktivitas yang sangat padat dapat menyebabkan depresi, menurunnya fungsi otak sehingga sulit untuk mengingat dan berkonsentrasi, sampai kenaikan berat badan. Tidur yang kurang juga dapat menurunkan sistem imun sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti flu, penyakit jantung, diabetes, atau hipertensi3. Risiko obesitas juga meningkat pada orang-orang yang tidak cukup tidur setiap malamnya. Penelitian menunjukkan, mereka yang tidur 5 jam semalam memiliki risiko obesitas 73% lebih tinggi daripada orang yang tidur 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Meningkatnya risiko obesitas ini dipengaruhi oleh fungsi hormon yang terganggu sehingga seseorang akan lebih cepat merasa lapar4.
click video hot 
Tidur adalah waktu untuk sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Baik hormon maupun sistem imun bekerja dengan cara yang berbeda saat Anda tidur. Itulah sebabnya sepadat apapun aktivitas harian Anda, tetaplah berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup. Walaupun dipengaruhi oleh umur, kondisi kesehatan, dan aktivitas sehari-hari, rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya5.
Control your Calorie Intake
Sebagai pribadi yang sibuk dan dinamis, mungkin Anda lebih sering menikmati makanan di restoran ataupun café. Bukan berarti makanan yang Anda pilih di tempat-tempat seperti itu tidak sehat, namun kecenderungannya kalori yang Anda peroleh akan berlebihan. Saat Anda menikmati makan bersama dengan rekan bisnis ataupun teman-teman, Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan seberapa banyak yang sudah Anda makan. Hal ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan, misalnya timbul risiko obesitas, diabetes, ataupun hipertensi.
Makanan yang disediakan di restoran biasanya mempunyai kadar garam, gula, ataupun lemak yang tinggi jika Anda kurang bisa memilah makanan yang baik. Untuk menghindari risiko penyakit, ada baiknya Anda membatasi jumlah makanan yang Anda makan. Salah satu cara yang paling mudah adalah pesan porsi kecil saat Anda makan di restoran atau bagi porsi yang Anda pesan dengan teman Anda. Cara yang lain misalnya jika Anda sudah berencana untuk makan malam di luar, kurangi porsi makan Anda saat makan siang.
Make time for Physical Exercise
Anda mungkin mengeluh tidak mempunyai waktu untuk berolahraga karena aktivitas yang begitu padat. Namun, tanpa Anda sadari, hidup di kota metropolitan sangat menguntungkan jika saja Anda mempergunakannya sebaik mungkin. Mengapa? Coba lihat daerah sekitar tempat tinggal Anda. Pasti banyak fasilitas kebugaran seperti gym yang tersedia bukan? Sekarang ini hampir setiap mal besar pasti menyediakan fasilitas gym sehingga akses terhadap fasilitas olahraga menjadi semakin mudah. Saat pulang kantor, Anda bisa menyempatkan diri sejenak untuk berolahraga di pusat kebugaran tersebut sesuai pilihan Anda.
Jika Anda tidak menyukai berolahraga di gym, banyak pilihan olahraga lain yang lebih mudah dan sederhana. Anda bisa bangun 30 menit lebih awal dari biasanya untuk jogging ataupun bersepeda di pagi hari. Udara pagi yang segar tentunya dapat membantu menyegarkan pikiran dan membuat Anda lebih bersemangat untuk berolahraga.
Pada dasarnya, aturlah waktu Anda sebaik mungkin sesibuk apapun Anda. Kurangi kebiasaan buruk dan mulailah beralih untuk memulai kebiasaan yang lebih baik untuk hidup sehat kini dan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar